DUKUNG ACEH MASUK 2 REKOR DUNIA TRAINING BAHASA INGGRIS 10.000 PESERTA

DUKUNG ACEH MASUK 2 REKOR DUNIA TRAINING BAHASA INGGRIS 10.000 PESERTA

Minggu, 11 Desember 2011

KESEMPATAN EMAS ACEH YANG TERABAIKAN, 2 REKOR DUNIA TERANCAM BATAL

Training B. Inggris Massal Terbesar Dunia (10.000 Peserta & 1000 Trainer) yang direncanakan masuk 2 rekor dunia Guinness & Amazing World Records masih terus bergulir dalam tahap persiapan. Diluar semua itu, sayangnya kegiatan yang langka ini, yang bukan merupakan hura-hura, sensasi, bisnis atau politik, malah terancam batal. Salah satu penyebabnya adalah karena kurang responnya Dinas Pendidikan Provinsi Aceh terkait dengan kegiatan yang seharusnya menjadi perhatian utama para pemerhati maupun pemangku jabatan di bidang pendidikan.
Padahal total dana yang dibutuhkan untuk kegiatan level internasional ini tidak melampau 1 miliar. Jumlah tersebut tidak seberapa dibandingkan dengan kegiatan taraf internasional lain dibidang seni, hiburan dan wisata yang bisa melebihi angka beberapa miliar.
Biaya ini juga tidak sepadan dibandingkan dengan hasil jangka pendek maupun jangka panjang yang akan diperoleh oleh masyarakat dan daerah khususnya dalam hal pendidikan. Terlebih kegiatan ini tidak hanya berhenti di satu hari saja, namun sustainable sampai beberapa bulan.
Pihak swasta, Bank, dan lembaga bisnis yang ada di Aceh pun hanya bisa mendukung secara moril dan acuh tak acuh karena mungkin acara ini tidak begitu menguntungkan mereka secara finansial.
Meskipun banyak mendapat kekecewaan dan penolakan disana-sini yang tidak etis jika kami sebutkan, putra-putri Aceh yang terpanggil hatinya tetap berinisiatif untuk menggadakan briefing & meeting untuk mempersiapkan acara tersebut demi pendidikan daerah. Dana yang adapun berasal dari dana pribadi yang hanya cukup untuk biaya administrasi perbanyakan proposal yang semakin banyak kami edarkan, semakin belum ada titik terangnya. Satu calon sponsorpun belum ada yang merespon proposal yang kami tawarkan, padahal telah melewati batas waktu konfirmasi yang ditetapkan.
Namun, kami tetap bersyukur pada Allah SWT, setidaknya tim kami yang sebagian besar mahasiswa masih sangat peduli dengan kegiatan ini. Kami juga ingin mengetuk kepedulian teman-teman dermawan atau donatur untuk mendukung kegiatan ini dalam bentuk apapun. Karena jumlah tidaklah penting, yang penting keikhlasannya. Dan kami tidak pernah mematok berapapun dan apapun yang akan dikontribusikan karena akan sangat kami hargai.
Terlebih kegiatan ini bukan untuk kami, namun untuk masyarakat dan akan kembali ke masyarakat yang mendukung baik secara moril ataupun materi. Dukungan dalam bentuk apapun akan sangat berarti.
Aceh dan Indonesia seharusnya bangga karena kegiatan belajar B. Inggris massal outdoor yang dapat mempersatukan seluruh kalangan (usia dini, siswa, mahasiswa, guru, dosen, pejabat, dll) di daerah seperti ini belum pernah dibuat sekalipun di negara-negara maju berbahasa Inggris maupun negara yang bukan berbahasa Inggris (berdasarkan riset melalui browsing dan pencarian data yang tim kami lakukan).
Sayangnya, kegiatan ini hanya menjadi sebuah ide besar yang bisa saja akan diadakan oleh daerah bahkan negara lain yang tidak pelit atas nama pendidikan. Meskipun suatu daerah ataupun negara akan sangat sulit menembus ketatnya seleksi Guinness untuk memecahkan rekor dunia. Sedangkan Aceh yang telah mendapatkan kesempatan emasnya didepan mata, masih acuh tak acuh dengan hasil besar yang akan diperoleh kedepan jika daerahnya diakui oleh dunia secara resmi. Terlebih kegiatan ini mengusung bidang pendidikan yang akan memajukan Aceh dan dapat secara drastis merubah citra Aceh yang sempat terpuruk karena konflik, tsunami maupun ganja.
Saat ini kami masih terus berusaha mendapatkan sponsor ataupun donatur yang sangat dinanti-nantikan. Acara tinggal 3 bulan lagi, namun total dana yang terkumpul dari sponsor, pemerintah maupun donatur sampai saat ini masih nol rupiah. Iya nol rupiah. Sangat miris. Mengingat kegiatan ini adalah level dunia dan waktu semakin sempit. Harusnya saat ini kami tidak perlu memikirkan dana, namun lebih memikirkan teknis acara.
Yang membludak hanya jumlah trainer yang mendaftar. Peserta pun cukup antusias mendaftar dan masih banyak lagi yang akan segera berpartisipasi dalam kegiatan pendidikan kolosal terbesar dalam sejarah ini . Kami tidak tahu harus berkata apa kepada trainer dan peserta jika acara ini batal terlaksana.
Kami sangat sedih, karena acara pendidikan yang mulia seperti ini kurang mendapat dukungan dana. Kami akui strategi dan persiapan acara ini sudah sangat matang, cuma terhambat dimasalah dana. Meski demikian, tim telah memutuskan 24 Maret 2012 adalah tanggal acara (final) dengan prinsip 'apapun yang terjadi acara harus jadi!!!'.
Mohon doa dari kalian dan segenap masyarakat Aceh agar kegiatan kita semua ini dapat terwujud dan dapat mengangkat nama pendidikan Indonesia lebih tinggi lagi. Semoga doa teman-teman semua dapat menghapus semua kekecewaan dan membawa keajaiban...
Jika berkenan, kami juga ingin mengetuk hati teman-teman semua, untuk peduli pendidikan. Dukungan teman-teman berupa informasi, solusi, jaringan atau apapun akan sangat membantu. Mari kita bersama mewujudkan acara yang mendidik ini agar tidak terancam batal.
Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca curahan hati kami yang masih tetap semangat menyukseskan kegiatan ini...Buktikan ke dunia, Aceh pasti bisa!!! Kalau bukan kita yang peduli, siapa lagi???
Hub. CP 'Kegiatan Training B. Inggris Massal Berkelanjutan Masuk 'Guinness & Amazing World Records '
Al : 085297262361
Ady : 081377101057

1 komentar: